Sunday, July 25, 2010

6 Metoda Untuk Self Portrait (Narsis di Facebook) Dengan Focus Yang Sempurna

Para Penggemar foto diri alias narsis biasanya bergantung kepada teknik trial dan error saat mengatur fokusnya. Jepret, jepret dan jepret sampai didapatkan hasil yang sempurna dari kombinasi pose, ekposure dan focus. Tetapi kenyataannya ada beberapa cara lain yang sangat cepat dan gampang, cara ini akan membantu kamu menampatkan focus yang tepat tanpa perlu frustasi saat mencoba teknik trial dan error.


Sebelum kamu mulai, kamu hanya harus membiasakan diri untuk bagaimana caranya mengeset kamera kamu dari auto ke manual focus. Kamu sebenarnya tidak menggunakan mode manual focus, kamu hanya akan menggunakannya untuk menjaga tetap focus saat kamu sudah setting sesuai dengan keinginan kamu.

Pada setiap metoda dibawah ini kecuali yang nomer 6 kamu harus menggunakan auto foc us dulu baru kemudian setting ke manual focus. Jadi kamu tidak harus mengulang setting focus saat mau ambil foto . Kalo kamu punya remote akan sangat menolong sekali lo
Metoda pertama: Hindari masalah
Jika kamu biarkan kamera kamu auto focus ke wajah kamu saat menggunakan aperture lebar kamu bakal mendapatkan banyak noise tetapi mata kamu tidak. Cara untuk menghindari masalah ini adalah dengan menggunakan aperture yang lebih kecil, makin kecil makin dapat bokehnya dan makin focus hasil fotonya.

Metoda kedua : jepret pada tempat yang kamu sudah set
Ini adalah metoda sangat maju tetapi sederhana. Taruh aja barang2 atau lampu atau boneka di tempat kamu mau berpose, fokusin disitu. Kemudian kamu pose ditempat yang kamu sudah tandai.

Metoda ke 3: Fokus terbalik
Metoda ini mirip dengan metoda diatas kecuali kamu dibantu oleh TRIPOD. Secara
kita Cuma focus ke jarak saja, ngga masalah kalau kamu hanya focus ditempat kamu akan berpose. Masalahnya adalah jarak antara kamera dan subyek. Dengan cara itu, ambil kamera kamu terus fokuskan di tempat kamu nanti akan berpose kemuadian fokuskan kepala tripodnya, tandai tempat pose kamu. Ini dimana nanti kamu akan berdiri untuk berpose kemudian set kameranya ke manual trus taruh lagi di tripodnya selanjutnya jepret deh bisa pakai timer atau wireless shutter.
Metoda: Metoda tali
Jika kamu pengen super duper focus dengan bokeh yang sempit ,coba ikatkan tali di kepala tripod dan fokuskan seperti penjelasan diatas. Tarik talinya sampai tegang dan tandai ditempat dia bersilangan dengan film plane ( dekat belakang kamera dimana ada sensor)
Apapun yg berada dalam jarak itu dari tripod akan focus dengan sempurna. Taruh kamera kembali ke tripod dan set lagi jadi manual, temukan tanda kamu pada talinya, buang talinya, ambil fotonya. Cara ini membuat kamu bisa foto dengan berbagai arah dari tripod sepanjang kamu berada dalam jangkauan tali yang kamu tandai itu.

Metoda ke 5 : pakai flashlight
Kamera2 terbaru biasanya udah punya mode focus dengan objek paling dekat. Mode ini akan focus ke obyek terdekat dengan kamera. Kamu bisa gunakan ini untuk foto narsis kamu, gelapkan ruangan, arahkan lighting ke tempat mana kamu mau fokuskan. Kamera hanya akan focus ke obyek yang lebih terang. Karena ruangannya gelap kamu harus pakai flash ya

Metoda 6 : Ukur
Ukur jarak antara kamera dan tempat nanti kamu akan berpose, gunakan tanda jarak yang ada di lensa untuk kemudian diset manual, sayangnya ngga semua lensa punya penanda jarak ini.

Tips saat foto narsis:
1.Taruh aja cermin dibelakang kamera kamyu jadi kamu bisa likat pose kamu tanpa kamu perlu bangun saat ambil foto
2.Pakai remote bahkan akan lebih baik jika kamera kamu bisa delay beberapa saat jadi kamu punya waktu untuk sembunyikan remotenya.
3. Bergayalah yang keren

Selamat mencoba yaa

No comments:

Post a Comment